19 Juli 2024

APPRODI ( foto ist )

arahbanua.com, Banjarbaru-

Jakarta, – Ketua Umum Asosiasi Profesi Produktivitas Indonesia (APPRODI) Ir. Sanggam Purba, MM, menyampaikan pihaknya siap mengambil peran strategis dalam mendorong Gerakan Produktivitas Nasional, untuk menjadikan produktivitas sebagai strategi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan daya saing nasional.

Menurutnya, peran APPRODI dalam gerakan peningkatan produktivitas harus mampu merumuskan dan mengimplementasikan peningkatan produktivitas secara kontekstual pada Pentahelix, baik di lingkungan pemerintah, dunia usaha/industri, kalangan pendidikan serta perguruan tinggi, masyarakat, dan kalangan media informasi.

“Dalam hal ini tentu saja menuntut ketersediaan SDM yang Profesional dan kompeten di bidang peningkatan produktivitas sesuai dengan keahlian masing-masing dan sekaligus menjadi kader produktivitas di berbagai kalangan,” kata Sanggam pada sambutan acara Silaturahim dan Diskusi Nasional Produktivitas di Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

Selain hal itu, lanjut dia, tidak kalah pentingnya adalah perlunya penyiapan alat, metode, dan teknik baru yang benar benar aplikabel dan mudah dipraktikkan serta sesuai untuk kondisi Indonesia.

Dalam upaya tersebut, Sanggam mengatakan, APPRODI telah memiliki Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) yang telah diperkuat dengan Perpres Nomor 1 Tahun 2023.

“Menurut hemat saya APPRODI harus bersinergi dalam Upaya mengakselerasi Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS) yang sudah termaktub dalam Perpres yang baru tersebut,” ujarnya.

Sanggam juga menekankan pentingnya jejaring kelembagaan produktivitas secara lintas sektor dan juga upaya membentuk budaya produktif dan etos kerja di Indonesia sebagai dasar kuat menjadi pondasi dalam gerakan peningkatan produktivitas Indonesia.

Silaturahim dan Diskusi Nasional Produktivitas APPRODI 2023 digelar secara hibrida (luring dan daring) ini mengambil tema “Peningkatan Produktivitas Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045”.

Acara ini dibuka dengan sambutan mewakili Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Budi Hartawan, SE., MA; Ketua Umum APPRODI Ir. Sanggam Purba, MM; Sekjen Asian Productivity Organization (APO) Dr. Indra Pradana Singawinata, dan Dewan Pembina APPRODI Prof Dr. Ir. Bomer Pasaribu.

Kegiatan ini juga akan disemarakkan dengan pelaksanaan Talk Show Produktivitas yang disampaikan DR. Aditya Warman selaku Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan Bob Azam, Wakil Direktur  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Selain itu, kegiatan ini sekaligus dilaksanakannya pelantikan pengurus APPRODI daerah, yakni pengurus daerah DKI Jakarta secara luring, serta DPD Jawa Tengah dan Sumatera Selatan secara daring.

Ketua pelaksana Ir. Victor Purba, MMi menjelaskan, kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta dari seluruh Pengurus Pusat APPRODI dan anggota yang berada di Jabodetabek dan Pengurus Daerah yang akan dilantik beserta undangan dari berbagai pihak.

APPRODI yang didirikan pada 21 Januari 2021 bertujuan menjadi wadah terkemuka dan terpercaya dalam mewujudkan Indonesia yang produktif dan berdaya saing di dunia.

Adapun misinya adalah (1) Mengembangkan kualitas SDM berbasis kompetensi produktivitas,
(2) Mengembangkan budaya produktif nasional,
(3) Menyinergikan kelembagaan produktivitas,
(4) Memberikan pelayanan produktivitas bagi stakeholder dan
(5) Mewujudkan produktivitas menjadi dasar pembangunan.(RS)

redaksi