24 Juli 2024

Banjarmasin : Sejak 2010 Pemerintah melakukan Reformasi Birokrasi untuk mendorong agar birokrasi sebagai pendorong pembangunan atau agen pembangunan dapat bergerak lebih cepat, lebih dinamis, adaptif dan berintegritas.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Selatan, Sulaimansyah, Rabu (26/4/2023) mengatakan, tiga pilar dalam Birokrasi Reformasi.

Disebutkannya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai pelopor reformasi birokrasi mempunyai 3 (tiga) pilar utama dalam pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), proses bisnis, dan penataan organisasi.

Untuk peningkatan SDM ASN, Sulaimansyah mengatakan, dalam hal ini yang utama adalah perubahan mindset ASN yang kemudian sejak 2021 dilaunching core values tersebut.

“Agar ASN memiliki Mindset (seperangkat sikap atau keyakinan yang dipegang) yang sama, cara kerja yang sama, tujuan kerja yang sama. Semangat yang dilakukan ASN ini diarahkan pada Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” ungkap Sulaimansyah, Rabu (26/4/2023), via telepon WA-nya.

Selain itu, Core Values ASN diharapkan menjadi jiwa bagi seluruh ASN.

“Saya berharap dengan core values ASN berAKHLAK ini, akan memberikan tidak saja branding images bagi ASN Bangga Melayani Bangsa, tapi juga menjadi jiwa bagi seluruh ASN untuk bekerja lebih baik lagi, khususnya untuk menghadapi tantangan yang semakin berat,” tegas Sulaimansyah, menutup komentarnya.***

redaksi