21 Juli 2024

Bersiaplah untuk suhu tinggi antara 40°-50°C. Selalu minum air bersih dan minum perlahan. Hindari air dingin atau es.

Saat ini, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan negara lain sedang mengalami “Gelombang Panas” atau Heatwave Asia

 

Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan?

1. *Dokter mengatakan jangan terus minum air yang sangat dingin saat suhu mencapai 40°C karena pembuluh darah kecil kita bisa pecah atau meledak. *

Konon di hari yang panas, seorang teman dokter masuk dari luar. Berkeringat deras, ingin segera mendinginkan diri, ia segera membasuh kakinya air dingin… Tiba-tiba, tak terlihat lagi, ia terjatuh. Ambulans segera dipanggil dan dibawa ke rumah sakit.

2. Saat panas mencapai 38°C dan Anda datang dari luar… ayo lakukan pemanasan. Jangan minum air dingin. Boleh minum air panas atau hangat, tapi minumnya pelan-pelan.

Jangan langsung mencuci tangan atau kaki, dan jangan mencuci atau membasahi area yang terkena sinar matahari. Habiskan setidaknya 30 menit atau setengah jam sebelum mencuci atau mandi.

3. Seorang pria menjadi dingin karena panas dan segera mandi. Setelah mandi, dia dibawa ke rumah sakit dengan rahang kaku. Dia mengalami stroke.

 

* Tindakan pencegahan: *

Hindari minum air yang sangat dingin saat musim panas atau jika Anda sangat lelah, karena dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit atau pembuluh darah pecah, yang dapat menyebabkan stroke.

Jangan lupa kenakan penutup kepala (topi) dan minum air dingin/ hangat, jangan air es, secukupnya setiap saat agar tidak timbul dehidrasi.

Karena panas extrem sedang melanda Asia, khususnya Asia Tenggara.

 

Ajari anak-anak dan teman, keluarga Anda sebagai pengingat satu sama lain!

 

Siaran Pers dari BMKG, Selasa 25/04/2023 :

“Gelombang Panas Asia Masih Berlangsung, Namun Tidak Terjadi di Indonesia: Masyarakat Agar Tidak Panik dan Tetap Waspada”

Link pdf Siaran Pers BMKG di arahbanua.com: REV2023.04.24_Siaran-Pers-Heatwave

 

Link Info Terkini BMKG: https://web.meteo.bmkg.go.id/id/model-prediksi-cuaca/nwp-parameter-cuaca/temperature/maximum-temperature

 

Sebarkan dan sebarkan berita

WASPADALAH…….!

Semoga Kita Semua Selamat dan Sehat Selalu. Aamin

 

 

redaksi