19 Juli 2024

Banjarmasin  :   Core Values (Nilai Inti) ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding (tagline) “Bangga Melayani Bangsa”. BerAKHLAK adalah :

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dr H Ahmad Yunani SE MSi, selaku ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan, ini merupakan satu tagline yang sangat bagus untuk ASN agar ASN bisa mendukung good governance yang harus memiliki akhlak yang mulia, memberikan contoh pada masyarakat.

“Tentu saja nanti dia dalam bertugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan dalam berhubungan dengan ASN sesuai tugasnya. Kemudian juga bekerja yang akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya. Sehingga memberikan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat dan kemudian ASN juga memiliki kompetensi yang baik, terhadap tugas yang dilakukan, sehingga tidak salah didalam memberikan penugasan, memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Yunani, Rabu (26/4/2023) via telpon WA-nya.

Disisi lain, Yunani menegaskan, agar ASN juga harus menjalin hubungan yang baik dengan Masyarakat, dengan media, dengan kalangan organisasi kemasyarakatan, agama dan mendapat keharmonisan, kemudian selain itu ASN juga dituntut ASN yang loyal dalam bertugas agar dalam satu komando dalam tugas. Tuntutan yang tidak kalah pentingnya, dalam fungsi saat ini, ASN juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap segala keadaan, dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta tuntutan masyarakat yang mengharapkan kerja yang profesional, yang terbaik bagi masyarakat.

“ASN diharapkan memiliki kemampuan berkolaborasi dengan semua pihak. Sehingga semua tugas berjalan dengan baik, dengan gotong royong dan kebersamaan dan tentu saja diiringi dengan musyawarah terhadap satu persoalan,” tambah Yunani.

Dengan demikian menurut Yunani, kolaboratif itu akan terbentuk dengan sangat baik, sehingga ASN menjadi pelayanan yang terbaik dan masyarakat puas dengan kinerja ASN. Sehingga profesionalisme selalu dijunjung. Pelayanan yang terbaik selalu diberikan. Kepuasan masyarakat menjadi hal yang utama.***

redaksi