21 Juli 2024

Arahbanua.com, Martapura – Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga bersama dengan warga Desa Sungai Rangas Tengah mengadakan lomba jukung tradisional bertajuk Gubernur Kalsel Cup 2022, Minggu (15/5).

Dikatakan Kadispora Kalsel, Hermansyah, kegiatan ini sekaligus mengangkat wisata daerah dan untuk pengembangan budaya lokal yaitu jukung tradisional.

“Lomba jukung ini nanti akan dijadikan agenda tahunan dan ini nanti di sini akan menjadi tempat untuk latihan atlet-atlet dayung Kalimantan Selatan,” terang Hermansyah.

Peserta yang mengikuti ada sebanyak 56 peserta dari 4 kabupaten yang mengikuti lomba,  yaitu Kab. Banjar, Barito Kuala, Banjarmasin, Tapin. Sementara kategori yang diperlombakan pada jukung tradisional Gubernur Kalsel Cup kali ini terbuka untuk umum.

Peserta lomba jukung tradisional Gubernur Kalsel Cup 2022 unjuk diri di hadapan ratusan penonton. Foto-AR

“Kita harap ini menjadi destinasi desa wisata. Nantinya menjadi Sport Tourism. Wisata olahraga yang mampu menarik pengunjung,” kata Kadispora.

Sementara Kepala Desa Sungai Rangas Tengah, Muhammad Noor menyampaikan rasa syukurnya karena even yang sudah menjadi agenda tahunan ini kembali dapat digelar di desanya.

Dengan begitu, dikatakan Muhammad Noor, ekonomi masyarakat setempat dapat ikut tergerak karena adanya kunjungan wisatawan masuk desa mereka.

“Untuk even ini mudah-mudahan dari Dispora bisa melihat atlet atlet di sini, tolong diperhatikan juga siapa yang hari ini keluar juara siapa tau bisa ikut dalam pelatihan daerah.” Pungkasnya. (AR)

redaksi