24 Juli 2024

Arahbanua.com, Banjarmasin –  Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional yang akan digelar pada Oktober 2022 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin, ini salah satu nilai tambah untuk bisa memperkenalkan wisata yang ada di Kalimantan Selatan secara luas.

Dinas Pariwisata sendiri, dikatakan Muhammad Syarifuddin menyiapkan agenda untuk mengajak para kafilah dari 32 Provinsi dapat melihat keindahan Kalsel dengan mengadakan Pawai Ta’aruf atau City Tour.

“Karena kegiatan ini nantinya akan bertempat di tiga lokasi, di Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar. Dari 3 tempat itulah yang akan nantinya diajak melihat objek wisata yang akan dikunjungi kafilah-kafilah dari seluruh provinsi,” jelasnya, Rabu (11/5).

M. Syarifuddin menyampaikan, untuk destinasi wisata yang dipersiapkan nanti, diantaranya Pasar Terapung, Geosite Geopark Meratus seperti Tahura, Desa Wisata Tiwingan, Bukit Batu, dan Pendulangan Intan di Banjarbaru.

“Kalau di Banjarmasin itu ada wisata religi Masjid Sabilal Muhtadin, Siring Piere Tendean,” ungkapnya.

M. Syarifuddin bersyukur, dengan ditunjuknya Kalsel sebagai tuan rumah MTQ tingkat Nasional, akan berdampak pada sektor pariwisata di Kalsel, sehingga lebih dikenal masyarakat secara luas, baik Nasional hingga Mancanegara.

“Kita ingin setelah mereka datang dia akan bercerita setelah balik ke daerah masing- masing. Artinya ingin menunjukkan bahwa Kalimantan Selatan layak dikunjungi, banyak tempat, alamnya, budayanya, dan wisatanya jadi tidak perlu lagi jauh untuk berwisata,” pungkas M. Syarifuddin. (AR)

redaksi