25 Juli 2024

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut (Tala) bersama TP PKK Tala menggelar Lomba Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman

ARAHBANUA.COM

 

 

Pelaihari –

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut (Tala) bersama TP PKK Tala menggelar Lomba Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten yang diikuti 55 kader PKK dan Posyandu dari 11 kecamatan se-Tala, Rabu (10/7/2024).

Berjarak sekitar satu bulan dari pelatihan olahan pangan B2SA, perlombaan ini menjadi ajang bagi para peserta untuk menunjukkan kreativitas setelah menyerap ilmu yang diberikan langsung oleh Chef Agus Sasirangan waktu itu terhadap hasil olahan bahan pangan lokal.

“Kami harap kegiatan seperti ini menjadikan para peserta akan terbiasa dalam mengolah bahan pangan lokal dengan memperhatikan prinsip B2SA,” ucap Penjabat (Pj) Bupati Tala, H. Syamsir Rahman saat membuka acara tersebut di Gedung Balairung Tuntung Pandang Pelaihari.

Terlebih, sajian menu yang diperlombakan pada kesempatan ini untuk menu makan siang bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya pencegahan stunting melalui olahan pangan lokal tanpa beras dan tanpa terigu.

“Perhatikan betul kandungan pangan yang diolah, karbohidrat, protein dan lainnya, karena ibu hamil itu tidak boleh makan asal kenyang saja,” pesan Syamsir.

Pada perlombaan kali ini, Chef Agus Sasirangan kembali berhadir ke Tala sebagai juri didampingi juri lain diantaranya Pj. Ketua TP PKK Tala, Wakil Ketua 3 TP PKK Tala, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala, DKPP Tala, serta Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Tala. (Diskominfo Tala)

redaksi