18 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

Program Renovasi Rumah Layak Huni (Rutilahu) 2024 akan dimulai Juni 2024.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota  Banjarmasin , Dolly Syahbana mengatakan ada 100 rumah yang sudah terdaftar sebagai penerima manfaat program Rutilahu. “Setelah  refocusing  anggaran selesai baru kita laksanakan,” kata Dolly, Rabu (22/5/2024).
Dibeberkan Dolly, untuk biaya rekonstruksi tahun ini mengalami kenaikan. Sekarang naik menjadi Rp30 juta per unit. Menurutnya, kenaikan biaya yang direkomendasi didasarkan pada pertimbangan harga bahan bangunan yang mungkin mengalami kenaikan. “Upah tukang sekitar Rp6 juta,” imbuhnya.
Dari 100 unit rumah itu lanjut Dolly, menganggarkan sebesar Rp3 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni 2024.
Ia juga menjelaskan masih ada sebanyak 225 antrean rumah untuk program Rutilahu dari usulan 335 yang masuk. Rata – rata penerima bantuan Rutilahu ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Selatan.
“Panjangnya antrean Rutilahu karena memang banyak rumah tua dan kurang layak huni terutama di kawasan pinggiran kota,” tandasnya.
Apalagi menambahkan di kawasan bantaran sungai banyak rumah yang alami kerusakan yang berada di jalur hijau. Namun tidak serta bisa dimasukkan ke dalam daftar penerima manfaat bantuan Rutilahu. “Kami terus berupaya membantu masyarakat dengan menyebarkan program ini,” tutupnya

redaksi