12 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

 

Dalam sejarah dunia film ada banyak rekor yang muncul dan sebagian rekor dianggap paling unik karena tidak umum. Film akan selalu menghadirkan persaingan satu sama lain. Para pembuat film sering melampaui batas untuk bisa menarik perhatian penonton. Dari mengadaptasi film berdasarkan buku populer, komik populer, cerita populer dan sebagainya.
Beberapa film diketahui berhasil memecahkan rekor luar biasa seperti pendapatan terbesar. Namun, ada juga fakta rekor unik yang muncul di dunia film, apa saja itu? Ini dia :
.
Adegan Paling Banyak Diulang.

Rekor unik dunia film yang pertama adalah adegan yang paling banyak diulang dalam sebuah film. Melakukan kesalahan dalam pengambilan sebuah adegan adalah hal yang wajar. Apalagi, seorang aktris membutuhkan usaha luar biasa untuk bisa menghapal skrip dan mendalami peran. Inilah alasannya mengapa tidak bertanya-tanya jika dalam proses produksi sebuah film akan ada banyak pengambilan gambar.
Namun, hal berbeda diciptakan oleh film The Tramp yang dirilis pada tahun 1931, film ini mencatatkan rekor sebagai film yang memiliki adegan paling banyak dalam sejarah. Dalam salah satu adegan pembuka di film terebut, tampak bagaimana Charlie Chaplin yang berperan sebagai The Tramp bertemu dengan seorang gadis tunanetra yang diperankan oleh Virginia Cherrill.
Sebenarnya, adegan yang harus mereka jalankan tidaklah sulit. Namun, untuk menyelesaikan adegan tersebut membutuhkan 342 kali take atau pengulangan. Menurut informasinya, hal tersebut sebenarnya disebabkan adanya alasan pribadi dari Charlie Chaplin itu sendiri selain juga demi menghadirkan adegan yang baik. Kabarnya, Chaplin kurang senang dengan kualitas akting dari Virginia Cherrill yang mana membuat dia pun akhirnya harus melakukan pengulangan yang banyak untuk adegan berdurasi tiga menit.
.
Film Paling Banyak Ditonton oleh Hewan.

Sudah jadi rahasia umum jika film-film animasi produksi Disney Pixar merupakan film yang bisa dinikmati oleh keluarga. Bahkan, beberapa film juga bisa dinikmati bukan hanya oleh manusia melainkan hewan peliharaan.

Contohnya adalah Bolt, Rio, dan The Secret Life of Pets. Dan hal ini terbukti dalam salah satu rekor aneh yang muncul dalam sekuel film The Secret Life of Pets.
Pada tahun 2019 lalu, film The Secret Life of Pets 2 resmi dirilis dan meghadirkan cerita tentang kehidupan Max dan Duke di mana mereka sekarang harus beradaptasi dengan bayi dari sang pemiliki, Katie. Yang menarik kemudian adalah pada saat premier filmnya yang justru menonton film tersebut ternyata bukanlah manusia. Bioskop tempat penyelenggaraan premier film The Secret Life of Pets 2 justru diisi penuh oleh anjing.

Hal ini terjadi di Brazil, di mana Universal Pictures Brazil berhasil memecahkan Rekor Buku Dunia Guiness dengan masuk kategori “Most Dogs Attending a Film Screening” atau “Penayangan Film Dengan Peserta Anjing Paling Banyak.” Menurut catatan, ada sekitar 120 ekor anjing yang mengikuti atau menyelesaikan pemecahan rekor tersebut.
.
Pakaian Karakter Paling Mahal

Dalam sebuah adegan film, para sutradara akan berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan para penonton tentang karakter mereka. Contohnya ketika seorang karakter digambarkan sebagai sosok yang kaya maka tim produksi akan berusaha meyakinkan penonton dengan berbagai macam hal. Menggunakan barang mewah, mengenakan perhiasan, mengendarai mobil mewah adalah contoh nyata dari hal tersebut.
Tidak jarang barang-barang yang dikenakan oleh para aktor di sebuah film merupakan barang asli yang memang dijual dan memiliki nilai yang fantastis. Dan yang menarik juga tidak jarang sosok karakter yang mengenakan barang atau benda tersebut akan meningkatkan nilai dari benda tersebut. Hal ini yang kemudian terjadi pada salah satu desain jas produksi dari Tom Ford.
Satu setel jas dengan tiga kancing dari Tom Ford pada awalnya memiliki harga 3.800 Dollar Amerika hingga 4.900 Dollar Amerika.

Namun, ketika kemudian jas tersebut digunakan oleh karakter fenomenal seperti James Bond dalam film Spectre yang dibintangi oleh Daniel Craig maka pertumbuhannya bertambah drastis. Jas tersebut kemudian memiliki nilai hingga 56.220 Dollar Amerika atau sekitar 928 juta Rupiah.
Ini menjadikan jas tersebut sebagai pakaian paling mahal yang dikenakan oleh karakter.
.
Trailer Film Paling Lama.

Umumnya sebuah trailer film memiliki durasi 1-2 menit saja. Hal ini karena tujuan trailer hanya untuk memberikan petunjuk tentang sosok karakter dalam sebuah film atau alur cerita. Tidak banyak informasi yang muncul dalam sebuah trailer, karena misi lainnya adalah untuk mengundang rasa penasaran dari para calon penonton untuk mau dan berminat menonton film tersebut.
Namun, memang harus diakui juga jika ada beberapa trailer film yang justru memberikan alur cerita secara keseluruhan. Film Ambiance karya Anders Weberg yang rilis pada tahun 2020 dinobatkan sebagai film yang memiliki trailer paling lama di dunia. Hal ini bahkan juga tercatat di Buku Rekor Dunia Guiness sebagai “Trailer Film Terpanjang” di mana durasinya sendiri bisa mencapai 72 menit.
Yang menarik kemudian sebenarnya durasi keseluruhan film ini pun bisa memecahkan rekor lainnya di Buku Rekor Dunia Guinness. Pasalnya, durasi keseluruhan film ini mencapai 720 jam atau 30 hari.
Filmnya sendiri menghadirkan alur cerita yang tidak beraturan. Fokusnya sendiri adalah cerita perjalanan hidup dari Anders Weberg yang dihadirkan melalui simbol-simbol di filmnya dan berbagai adegan abstrak. Meskipun begitu, Buku Rekor Dunia Guiness justru mencatat lebih banyak rekor untuk durasi trailernya.
.
Film Hasil Urunan Terbanyak

Sebuah serial TV berjudul Veronica Mars tayang sejak 2004 hingga 2019. Seriesnya sendiri fokus pada sosok Veronica Mars yang diperankan oleh Kristen Bell, di mana dia merupakan seorang murid di sebuah SMA. Di sisi lain, dia juga merupakan seorang detektif di mana dalam cerita kita melihat Veronica dan temannya, Nancy Drew, berusaha untuk menyelesaikan kasus pembunuhan teman dengan baik.
Sebenarnya, Veronica Mars sendiri selesai tayang pada tahun 2007 kemarin. Namun, di tahun 2013 para fans kemudian membantu untuk menghidupkan kembali seri tersebut. Mereka melakukan gerakan urunan (crowdfunding) di situs Kickstarter untuk mendukung seriesnya.

Selain itu, dana tersebut direncanakan digunakan untuk menghadirkan sebuah film yang diadaptasi dari serinya.
Total dana yang terkumpul saat itu mencapai 5,702,153 Dollar Amerika yang mana hal ini membuat serial Veronica Mars menjadi “Most Crowdfunding Movie” atau Film Dengan Dana Urunan Paling Banyak. Filmnya sendiri kemudian rilis pada 2014 dan pada 2019 televisi The CW memutuskan untuk menghadirkan season keempat untuk seriesnya.
.
Properti Film Paling Mahal
Membuat sebuah pakaian tiruan yang pernah digunakan oleh sosok nyata memerlukan ketepatan. Apalagi, tidak jarang membutuhkan bahan yang tidak murah untuk membuatnya. Biasanya, ketika sebuah film selesai produksi para penggemar akan mendapatkan kesempatan untuk bisa memiliki dan membeli berbagai benda atau properti yang pernah digunakan dalam proses produksi film itu.
Misalnya, sepatu yang pernah digunakan oleh Lady Gaga dalam film House of Gucci pada tahun 2021 bisa dibeli dan dimiliki oleh para penggemar. Properti dalam sebuah produksi film sama pentingnya dengan pakaian yang digunakan oleh para karakter demi menunjang alur cerita yang menarik dan nyata.

Hal ini juga yang kemudian terjadi pada film Pirates garapan Roman Polanski.
Pirates sendiri rilis pada 1986 dan masuk dalam Buku Catatan Rekor Dunia Guiness sebagai “Properti Paling Mahal dari Film” atau “Properti Film Paling Mahal.” Film Pirates sendiri fokus pada sosok Captain Red dan yang kemudian membuat film ini memegang rekor dunia tersebut adalah set yang digunakan. Roman Polanski sengaja menggunakan replika dengan ukuran penuh (full-scale replica) dari Galleon Spanyol yang harganya mencapai 10 juta Dollar Amerika.
.
Film Boneka Dengan Pemasukan Paling Besar
Kermit the Frog, Miss Piggy, dan para karakter dari sebuah pertunjukan boneka anak-anak, The Muppets, berusaha untuk mengejar peluang karir lainnya dan meninggalkan dunia pertunjukan. Sebelum semuanya benar-benar terjadi The Muppets kemudian melakukan satu pertunjukan terakhir yang dibantu oleh dua karakter manusia yang menjadi sahabat mereka, yaitu Mary dan Gary.

The Muppets sendiri beberapa kali pernah mendapatkan penghargaan bergengsi seperti Academy Awards untuk kategori Best Achievement in Music Written for Motion Pictures. Hal tersebut berkat lagu asli mereka yang sangat populer. Namun, filmn The Muppets juga ternyata berhasil memecahkan beberapa rekor lainnya. Menurut data per 30 Maret 2012 kemarin filmnya berhasil mengantongi 160,971,922 Dollar Amerika.
Angka tersebut membuat film The Mupper resmi masuk Buku Rekor Dunia Guinness sebagai “Highest Grossing Puppet Movie” atau “Film Boneka Dengan Pemasukan Paling Besar.” Film ini mengalahkan film lainnya yang juga melibatkan boneka seperti The Dark Crystal dan juga Team America: World Police.
.
Film Dengan Jumlah Peserta Perang Pie Paling Banyak.

Perang makanan merupakan hal yang cukup lama terjadi meskipun di era modern sekarang hal itu menjadi sesuatu yang sudah mulai jarang muncul. Selain di dunia nyata, perang makanan juga tidak jarang muncul dalam sebuah adegan sebuah film. Perang makanan di sebuah film biasanya menampilkan jika hal ini sangat kacau dan sangat berantakan.
Biasanya, sebuah film hanya akan menampilkan sekumpulan orang dalam sebuah adegan perang makanan. Namun, satu film bisu berhasil memecahkan rekor dunia yang berkaitan dengan perang makanan di sebuah film.
The Battle of the Century rilis pertama kali pada 1927 dan mengisahkan tentang seorang manajer penerbangan yang berusaha untuk mengeruk keuntungan dari seorang petinju.
Dia ingin mendapatkan dana asuransi yang dimiliki oleh petinju tersebut sehingga dia menyusun rencana untuk membuat sang petunju terlibat kecelakaan dan terbunuh. Dengan begitu, dia bisa memanfaatkan uang asuransi tersebut. Namun, rencana tersebut justru memancing perang yang sangat besar.
Bahkan, The Battle of the Century mencatat rekor Buku Dunia Guinness sebagai Most People in a Custard Pie Fight in a Film” atau “Film Yang Menghadirkan Orang Paling Banyak Dalam Sebuah Perang Krim Pie.” Kurang lebih ada 3.000 pie yang dilempar dalam perang ini.
.
Film Paling Banyak Ditonton Ulang

Rekor dunia paling aneh di dunia film yang terakhir adalah film yang paling banyak ditonton ulang.
Kadang-kadang, beberapa penonton film akan kembali menonton sebuah film sebagai bentuk euforia atau kesenangan dalam dan dukungan terhadap film tersebut. Bisa juga mereka melakukan hal tersebut karena senang dengan alur cerita, karakternya, atau terhadap salah satu hal dalam film tersebut.

Di sisi lain, menonton ulang sebuah film di bioskop juga biasanya dilakukan untuk melihat kembali apa yang tidak tayang di trailernya. Hal ini juga yang kemudian terjadi dalam film Spider-Man: No Way Home di mana filmnya menghadirkan pengalaman dan kejutan besar bagi para penonton.

Hal tersebut tidak lain adalah munculnya Andrew Garfield dan Tobey Maguire yang keduanya bertemu dengan Tom Holland dan bertarung bersama.
Momen crossover ini seolah mewujudkan mimpi besar para penggemar dan pecinta film, khususnya bagi para penggemar Spider-Man. Dan pengalaman luar biasa ini nampaknya membuat seorang pria dari Floria, Ramiro Alanis, rela untuk menonton filmnya berkali-kali. Alanis diketahui menonton film Spider-Man: No Way Home sebanyak 292 kali, sejak 16 Desember 2021 hingga 15 Maret 2022.
.
Beberapa judul film berhasil memecahkan rekor fantastis yang menjadi bukti pencapaian mereka.

Berbagai film di atas merupakan contoh bahwa ada banyak rekor lain yang aneh muncul di dunia film.
Bahkan, rekor aneh di sebuah film tersebut tercatat di organisasi rekor dunia.

redaksi