12 Juli 2024

ARAHBANUA.com   

Oleh : Harto Malik

 

Masalah IKN adalah blunder di warga khususnya kalsel,

Mereka tidak dukung AMIN karena AMIN tidak langsung meneruskan pembangunan IKN, mereka lebih memilih prabowo karena prabowo meneruskan IKN

Mereka yang setuju IKN dilanjutkan, anggapan mereka IKN sangat membantu laju pembangunan di Kalsel khususnya.

Bila IKN tidak dilanjutkan IKN akan menjadi mangkrak dan kota Mati.

Bahkan ada yang beranggapan bila IKN jadi maka akan membuka peluang warga Kalimantan menjadi pejabat, bahkan sekelas Menteri.

Sedangkan Menurut AMIN, IKN hanya bermanfaat bagi para pejabat dan oligarki, sebenarnya bukan tidak dilanjutkan, tapi ditunda dulu.

Dana IKN lebih baik digunakan untuk pembangunan yang lebih penting atau mendesak, seperti pembangunan bangunan dan fasilitas Rumah Sakit, Bangunan dan Fasilitas Sekolah, sehingga kesehatan dan sekolah lebih merata, terjangkau dan murah.

Dengan membangun sekolah yang berkualitas dengan jumlah banyak, maka akan meningkatkan Sumber daya Manusia, sehingga Masyarakat Kalimantan Khususnya lebih Pintar.

Dengan membangun fasilitas kesehatan, maka masyarakat lebih mudah menjangkau RS, masyarakat menjadi lebih sehat dan produktif.

Dana IKN lebih baik di gunakan untuk Pembangunan pabrik-pabrik usaha kebutuhan masyarakat , pembangunan pabrik atau proyek usaha di Kalsel akan menyerap tenaga kerja lokal.

Selain itu membangun pabrik perusahaan di Kalsel Khususnya akan memangkas biaya transport sehingga harga barang lebih murah.

IKN hanya memindahkan pejabat-pejabat, aparatur negara , ASN. IKN hanya menguntungkan oligarki, karena proyek sudah dibagi-bagi untuk pengusaha besar, begitu juga lahan sekitar IKN sudah dikuasai mereka, sehingga masyarakat kecil hanya akan menjadi penonton, dan lebih banyak menerima imbas negatif, seperti dampak lingkungan Hidup.

Dari pikiran-pikiran tersebut apakah anda ingin IKN terus dilanjutkan ? Atau ditunda dulu, dana IKN untuk pembangunan yang lebih proritas ?

 

IKN Pilih Lanjut atau Tidak?

Isi poling sesuai keinginan anda

https://pollingkita.com/polling390440-polling-apakah-anda-setuju-pembangunan-ikn-ditunda-didahulukan-pembangunan-sekolah-dan-kesehatan

 

 

 

 

 

redaksi