19 Juli 2024

ARAHBANUA.com

Oleh: Harto Malik

 

Banjarbaru  |

Haul Abah Guru Sekumpul tinggal beberapa hari lagi, warga Kalsel banyak yang menunggu jadwal resmi.

Abah Guru Sekumpul ulama besar di Martapura, Kalimantan Selatan, Haulnya ditunggu-tunggu warga pencinta ulama, jemaah yang hadir di acara haul beliau jutaan, datang dari berbagai penjuru Nusantara bahkan Luar Negeri, Hadramaut tak ketinggalan, para ulama besar dan para habaib banyak yang hadir.

Tahun ini bertepatan dengan bulan Januari 2024, haul akan diadakan lagi untuk umum, setelah sempat tidak dibuka untuk umum dikarenakan alasan Covid. Sebenarnya di kalangan keluarga, pencinta , majelis, haul tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

Tanggal haul yang beredar di warga tanggal 14 atau 21 Januari 2024.

Warga, para muhibbin semua menunggu tanggal pastinya, sampai hari ini Selasa 09 Januari 2024, pihak sekumpul (keluarga/ panitia) belum mengeluarkan pengumuman jadwal resminya.

Para muhibbin sebagian menganalisa sendiri hal ini, “Kata ustadz, jadwal belum diumumkan, karena riskan disalah gunakan untuk kepentingan politik,” ujar Syifa salah satu muhibbin.

“Kita sebenarnya dapat mengira tanggal pastinya, tapi takutnya ada yang shaŕe.” Ujar salah satu muhibbin di group WA.

Persiapan sudah mulai terlihat, tenda sudah mulai terpasang, lahan-lahan parkir sudah mulai dibersihkan, warga sudah terlihat gotong royong dalam beberapa hari ini mempersiapkan haul.

 

 

Memang tahun ini haul bertepatan dengan masa kampanye pilpres dan pileg 2024, masyarakat pencinta tidak suka ada yang memanfaatkan acara haul untuk kepentingan politik, karena pesan abah guru Sekumpul, beliau tidak suka mushola sekumpul dijadikan atau dimanfaatkan untuk kegiatan politik, walaupun sudah diperingatkan kepada wargà , dikhawatirkan masih ada saja yang tidak mematuhi larangan tersebut.

Jangan coba-coba untuk melanggar imbauan atau larangan dengan berusaha memanfaatkan haul sebagai ajang kampanye politik, baik menyelipkan atribut atau memberi bantuan dengan niat atau sosialisasikan Partai Politik, Pasangan Capres Cawapres atau Caleg dalam acara haul.

Akan ada sanksi sosial, muhibbin guru sekumpul sangat banyak dan lumayan fanatik dengan ucapan Abah Guru Sekumpul, berani coba-coba, anda akan kehilangan suara dan simpati dari warga muhibbin Abah Guru Sekumpul.

Semoga kita semua dapat menjaga marwah haul Abah Guru Sekumpul, dapat menjaga ketertiban haul dan menjaga persatuan juga kesatuan warga Kalimantan Selatan.

Semoga haul Abah Guru Sekumpul berjalan lancar dan semua jemaah haul dapat mengambil berkah serta dapat mengambil teladan dari ajaran Abah Guru Sekumpul.

 

 

 

 

redaksi