23 Oktober 2024
WhatsApp Image 2023-08-22 at 13.31.57

Riri Fitri Sari ( foto ist )

Editor Dyan Hasri
arahbanua.com, Banjarbaru-

Jakarta, — Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) meminta pemerintah agar lebih optimal dalam membina generasi muda, khususnya para talenta unggul guna mencapai cita-cita bangsa.

“Kita optimis Indonesia memiliki banyak talenta unggul yang jika dibina optimal akan menjadi motor penggerak tercapainya cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045,” demikian dikatakan Wakil Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., di Jakarta, pada Senin (21/8).

Lebih lanjut Riri menekankan perlunya grand desain manajemen talenta nasional. Sebab menurutnya, manajemen talenta ini sangat diperlukan Indonesia agar anak-anak dan generasi muda Indonesia yang memilki bakat luar biasa didorong mengembangkan talenta yang dimilikinya agar berkembang dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kemjuan Indonesia.

“Hasil studi para ilmuan menunjukkan dalam setiap populasi ada 5-10 persen di antaranya memiliki bakat tertentu. Bakat yang terpendam ini harus ditemukan, dibina, dan dikembangkan sehingga menghasilkan capaian maksimal,” ujar Riri.

Wakil Ketua Umum ICMI yang juga Guru Besar Universitas Indonesia ini menghargai upaya dan inisiatif pemerintah dalam mengembangkan talenta-talenta muda.

Dalam catatan Riri, pemerintah sudah cukup aktif mengembangkan talenta melalui berbagai event (kegiatan) yang positif seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Beberapa contoh hasil penelusuran bakat ini adalah Putri Ariani, remaja Indoensia yang bisa menembus panggung internasional.

“Dengan memprioritaskan pengembangan talenta-talenta yang berkualitas, Indonesia dapat lebih siap menghadapi perubahan global dan meraih kemajuan yang berkelanjutan,” pungkas Riri.

Pernyataan Riri itu juga menguatkan pendapatnya tentang pemberdayaan perempuan, pemuda dan anak dalam dalam Webinar Nasional ICMI bertajuk ” Pengembangan Talenta Indonesia – Menjahit Bendera Merah Putih di Pusaran Dunia Baru Jagat Maya ,” pada Jumat malam,18 Agustus 2023.

Webinar tersebut dihadiri Ketua Umum ICMI Prof Dr. Arif Satria dan MA. Ketua Koordinasi Pemuda Majelis Pengurus Pusat ICMI, Prof. Dr. M. Asrorun Ni’am Sholeh, yang menyampaikan sambutan. Juga para pembicara Asep Sukmayadi, M.IP (Kepala Badan Pengembangan Talenta Nasional Kemendikbud RI), U. Saefudin Noer, M.Si (Ketua Departemen Pengembangan Kepemimpinan – Majelis Pengurus Pusat ICMI), Prof. Dr. Ir. Retno Wigajatri Purnamaningsih, MT (Ibunda Generasi Bertalenta, Membuka Cakrawala Berpikir Anak )

Loading

redaksi