12 Juli 2024

Tekan Stunting, LKC Dompet Dhuafa Gelar Edukasi & Ajakan Pentingnya Asi Ekslusif

Editor: Dyan Hasri
arahbanua.com, Banjarbaru-

 

Program menurunkan angka stunting dengan menggalakkan angka ASI Ekslusif terus digencarkan oleh Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC). Salah satunya aksi dalam Pekan ASI Sedunia yang dilaksanakan pada Kawasan Sehat RW 011, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan (Kamis,3/08/2023) berlokasi di Aula Posyandu Nusa Indah RT 011 dengan jumlah penerima manfaat dari kegiatan ini terdiri 30 ibu-ibu baik menyusui dan hamil.

Di sela-sela kegiatan Rita Yulita, S.ST selaku penanggung jawab agenda tersebut, mengatakan, “Tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan edukasi dan informasi sebanyak-banyaknya kepada calon ibu maupun ibu menyusui. Peserta yang berhasil memberikan ASI Ekslusif juga mendapatkan apresiasi berupa sertikat menyusui”.

Masih rangkaian Pekan ASI Sedunia juga dilaksanakan pada Kawasan Pos Sehat Kesehatan Ibu dan Anak RW 014, Kelurahan Warakas, Jakarta Utara pada hari Senin ini, (7/08/2023). Jumlah penerima manfaat dari kegiatan siang ini sekitar 45 Ibu-ibu baik hamil dan menyusui.

“Kegiatan ini meliputi edukasi atau kampanye ajakan memberikan asi ekslusif dari usia 0-6 bulan dan dilanjutkan sampai usia 2 (dua) tahun. Kegiatan ini juga diisi dengan demo masak untuk Ibu menyusui yakni menu sehat telur dadar daun kelor, nugget sayuran dan puding sehat. Dalam rangkaian kegiatan ini juga bentuk upaya dalam mendukung program menurunkan angka stunting dengan harapan para calon ibu dan ibu menyusui dapat mempraktekkan menu sederhana ini di rumah masing-masing. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini”, tambah Rita Yulita.

“Saya sangat bersyukur setidaknya ada kegiatan ini menambah wawasan saya mengenai kebutuhan ASI bagi anak saya, serta asupan gizi yang mencukupi sehingga terhindar dari gizi buruk,” ujar Leny, warga Warakas yang datang dalam acara tersebut.

 

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.*****PJMI

redaksi