12 Juli 2024

Relawan Anies di Barabai Kalimantan Selatan ( foto : Dok Junindan / Nana )

Reportase : Harto Malik
arahbanua.com, Barabai-

Relawan Anies Baswedan terus Bergerak, tidak hanya sosialisasi figur, kegiatan sosial di lakukan, mereka tanam 5.000 Batang Pohon di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kecintaan Relawan terhadap Anies Baswedan memang luar biasa, mereka terus bergerak , bekerja mensosialisasikan Anies Baswedan, agar Anies Baswedan semakin di kenal masyarakat hingga tingkat akar rumput, tidak hanya sosialisasi figur Anies, kerja nyata untuk masyarakat pun dilakukan.

Anies digadang gadang mereka menjadi Presiden 2024, mereka ingin perubahan, selama 10 tahun 2014 sd 2023 mereka merasakan kesenjangan dan ketidakadilan, perlakuan hukum tebang pilih.

Selesai acara Pengukuhan Bakornas Provinsi Kalsel Sore Sabtu 22 Juli di Banjarmasin, mereka bergerak ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Mereka akan melaksanakan penanaman Pohon di kawasan Gunung Meratus Barabai dan Pengukuhan TIM 100 BAKORSI Kab. HST.

Rombongan berangkat malam hari , ada juga yang subuh, dirombongan relawan ada
Iwan Samariansyah dan Apriansyah dari Bakorsi Pusat , mereka baru datang Banjarmasin Sabtu pagi, siang hingga sore mengukuhkan TIM 100 Bakorsi Kalsel.

Tentu ini bukan perjalanan yang ringan bagi mereka, jarak tempuh Banjarmasin – Barabai sekitar 145 Kilometer dengan waktu tempuh 3 jam lebih. Melewati beberapa kabupaten kota, Banjarbaru, Martapura, Rantau dan Kandangan, semua mereka jalani dengan semangat kemenangan Anies, Luar Biasa.

Banjarmasin-Barabai, mengingatkan kenangan penulis semasa kuliah, rombongan naik motor sesudah azan subuh dihari kedua idul fitri menuju wisata Pagat Barabai, konvoi motor yang mengasikan waktu itu ( di jamannya wisata Pagat Barabai pengunjung membludak).

Ada salah satu istilah yang terkenal dengan kota Barabai, ‘apam barabai tipis-tipis’, apam adalah salah satu makanan khas barabai, rasanya enak dan manis.

Setiap tamu dari luar kota Barabai biasanya di suguhkan kue ini.

Ada konotasi lain dari istilah diatas, yang di sambungkan dengan jawaban, ‘mun handak nang tabal ka rumah’. Eit cukup sampai disini gak usah di teruskan, hehe bisa-bisa lun di marahi acil ( perempuan ) Barabai.

Perempuan Barabai banyak yang putih dan cantik-cantik, karena daerahnya yang sejuk dan menurut kisah sebagian mereka keturunan Putri Raja.

Sampai di Barabai, sebagian sempat beristirahat sejenak, sebagian mungkin tidak, mereka melanjutkan agenda mereka.

Penanaman pohon di lakukan dikaki pegunungan Meratus untuk mengurangi dan mencegah Banjir di musim Hujan, khususnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Penanaman pohon di kaki meratus gunung Batu Habu desa Haruyan seberang, Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, kami berharap penanaman pohon ini akan membantu pemerintah dalam rangka penanggulangan banjir karena wilayah Kecamatan Hh
aruyan adalah yang selalu terdampak banjir disaat musim hujan, bahkan 2 atau 3 kali banjir dalam semusim disaat curah hujan tinggi, jumlah pohon yg kami tanam sekitar 5000 pohon yg tersebar di beberapa desa wilayah Kecamatan Haruyan, untuk sumber dana kami dapatkan dari donator dan patungan dari relawan-relawan Jaringan Nasional relawan Anies Baswedan Kab. HST dan dibantu oleh warga setempat, alhamdulillah masyarakat merespon positif kegiatan kami ini dan pohon-pohon sebagian kami bagikan kepada masyarakat untuk ditanam di sekitar pekarangan atau tanah kosong milik mereka.

Hadir pada kegiatan Iwan dan Apri dari pengurus Nasional BAKORSI pengurus BAKORSI Kalsel dan pengurus BAKORSI Kab.HST juga seluruh kawan2 relawan Jarnas kab.HST sebagai penggagas kegiatan, jelas M.JUNIZURRACHMAN ketua DPD Jarnas Kab HST.

Selamat dan Semangat Relawan Anies Kalimantan Patut di acungi Jempol, semoga hajat mereka Anies menjadi Presiden 2024 terkabul, Aamiin.

redaksi