23 Oktober 2024
IMG_20220724_120320

Arahbanua.com, Banjarmasin – DPRD Kota Banjarmasin menerima penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2023.

Ini setelah pihak pemerintah Kota Banjarmasin menyampaikan KUA-PPAS tahun 2023 dalam rapat paripurna dewan di gedung dewan kota pada Selasa, (12/7).

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya menyampaikan seluruh fraksi menerima KUA-PPAS tahun 2023 untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

“Kita segeranya agendakan untuk pembahasan program dan realisasi pembangunan yang ingin dilaksanakan. Termasuk upaya peningkatan pendapatan asli daerah,” ujarnya.

Dia menyampaikan, dalam pembahasan KUA-PPAS bersama pemerintah kota, pihaknya memastikan akan kritis menyoroti sejumlah program, rencana kerja dan pembangunan yang ingin dicapai hingga betul-betul bisa terealisasi.

Sebab, lanjut politisi PAN tersebut, hasil pembangunan yang dapat dilaksanakan dengan baik imbasnya dirasakan masyarakat, memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengungkapkan, bahwa KUA-PPAS tahun 2023 yang telah disusun ini merupakan upaya dalam menjaga kesinambungan pembangunan dan sistematis yang dilaksanakan pemerintah kota.

“Di dalam KUA-PPAS tahun 2023 yang tadi saya sampaikan, diskenariokan bahwa APBD sebesar Rp1,2 triliun. Itu nantinya akan ditambah lagi dengan sumber lainnya dan PAD kita sekitar Rp600 miliar, jadi totalnya sekitar Rp2 triliun lebih,” ujarnya.

Menurutnya, pencapaian APBD senilai Rp2 triliun di tahun 2023 tersebut mungkin dapat terlampaui. Mengingat pada anggaran perubahan tahun 2022 saat ini saja, jumlahnya sudah diangka Rp2 triliun.

“Apalagi sekarang target DPKAD juga ditingkatkan. Jadi kita yakin di tahun 2023 APBD kita bisa terpenuhi Rp2 triliun bahkan lebih,” katanya.

Kemudian jelasnya, penyusunan KUA-PPAS ini mengacu kepada RKPD Kota Banjarmasin tahun 2023. Begitu juga berpedoman kepada RPJMD serta sesuai visi-misi “Banjarmasin Baiman” Barasih, indah, aman wan nyaman.

“Sehingga saya berharap semua instansi akan terus berupaya meningkatkan kinerja, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program pembangunan. Peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, serta pembangunan penyelesaian RS Sultan Suriansyah,” ucapnya. (Advertorial)

Loading

redaksi