19 Juli 2024

Arahbanua.com, Tanjung – Warga Mega Gerhana Permai (MGP), Tanjung, Kabupaten Tabalong turut menerapkan kebijakan Kementerian LHK dengan membagikan daging kurban pada momen hari raya Idhul Adha 1443 Hijriah tanpa menggunakan plastik.

Warga MGP, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak diimbau untuk membawa wadah sendiri dari bahan lain saat pembagian daging sapi kurban.

Warga di sini mendistribusikan daging hasil pemotongan hewan kurban kepada 130 kepala keluarga (KK) tanpa menggunakan kantong plastik.

Ketua Komplek MGP, Muhammad Misranto mengungkapkan, pembagian daging dengan cara ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah.

“Kita melakukan ini untuk mengikuti program pemerintah. Untuk mengurangi limbah plastik khususnya di Tabalong,” ucapnya, Minggu (10/07/2022).

Misranto menuturkan, program membagikan daging tanpa kantong plastik ini merupakan kesepakatan bersama warga seluruh komplek, meski masih ada beberapa di antaranya yang masih belum memahami manfaat dan tujuannya.

“Warga semua mendukung, walaupun ada beberapa yang mungkin belum mengerti maksud dan tujuannya,” jelasnya.

Ke depan Misranto menambahkan, untuk Idul Adha di tahun selanjutnya masih akan mempertahan konsep yang ada, yakni membagikan daging kurban tanpa kantong plastik.

Diketahui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri LHK Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022.

Dalam surat edaran itu KLHK menghimbau pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik, mengingat potensi peningkatan timbulan sampah plastik dalam pembagian daging kurban.(AR/FRM)

redaksi