11 Juli 2024

Arahbanua.com, Banjarmasin – Ketua DPRD Banjarmasin, Harry Wijaya didampingi Wakil Ketua HM Yamin HR menyatakan dukungan (support) pihaknya atas rencana kerja pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarmasin pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau Pilkada tahun 2024.

Hal itu ia nyatakan saat menerima audiensi dan silaturrahmi Pimpinan Bawaslu Kota Banjarmasin, Senin, (13/6/2022) di ruang kerjanya.

Menurut Harry, pihaknya sangat mengapresiasi atas rencana anggaran pengawasan yang Bawaslu ajukan. “Iya kami memahami, bagaimana pun Bawaslu perlu dana agar kerja-kerja pengawasannya bisa maksimal, namun, hal ini masih perlu akan kita bicarakan bersama dengan pihak Badan Anggaran Dewan dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin. Kita akan bicarakan bersama secara transparans,” tuturnya.

Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin HM Yasar mengatakan, RAB yang pihaknya sampaikan hari ini berjumlah Rp16.109.314.000 atau Rp16 miliar lebih.

Ada kenaikan daripada pengajuan sebelumnya yang berjumlah sekitar Rp13 miliar. Perubahan ini sebagai antisipasi adanya pengawasan terhadap Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan standar biaya masukan tahun 2024 di samping juga kemungkinan masih adanya pandemic Covid-19 yang memerlukan biaya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), termasuk suplemen kesehatan.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No 54 Tahun 2019, menjadi kewajiban pemerintah daerah setempat memfasilitasi penyelenggaraan pilkada, baik dana maupun fasilitasi lainnya.
Hasil kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan KPU dan Bawaslu serta Mendagri, hari pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2024.(ADV)

redaksi