23 Oktober 2024
IMG-20220402-WA0011-1140x641

arahbanua.com, Banjarmasin – Menjelang bulan suci Ramadan 1443 hijriah tahun ini, Gubernur Kaliman Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin, mengerahkan pegawai lingkup Pemerintah Provinsi, melakukan aksi bersih-bersih di kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu pagi (2/4/2022).

Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kalsel terlibat dalam kegiatan ini seperti Dinas Sosial, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Satuan Polisi PP dan Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, PUPR, dan lainnya.

“Bersih-bersih ini kita lakukan agar lingkungan mesjid lebih rapi, indah dan nyaman bagi jemaah yang beribadah di bulan Ramadan nantinya, baik ibadah wajib maupun ibadah sunat seperti tarawih,” ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor saat diwawancarai di sela-sela kegiatannya.

Paman Birin juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersamaan, meskipun terjadi perbedaan seperti penetapan awal Ramadan tahun ini.

Diketahui, tahun ini pemerintah menetapkan awal puasa jatuh pada Minggu tanggal 3 April 2022, sementara sebagian muslim lainnya sudah memulainya pada Sabtu (2/4/2022).

“Jangan kita bermusuhan dalam perbedaan, justeru karena perbedaan itu kita bersatu,” pesannya.

Selain turun langsung membersihkan kawasan mesjid dengan sebilah parang, Paman Birin pun meminta dinas terkait melakukan tindakan terhadap aliran air di sungai yang ada di area mesjid. Karena ia melihat kondisi air yang kurang lancar mengalir dan kondisi air hitam atau keruh.
“Coba dicari dimana masalahnya, lalu lakukan tindakan,” perintahnya kepada Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar yang saat ini masih merangkap Kepala Dinas PUPR itu.

Tidak hanya kondisi sungai yang jadi perhatian Paman Birin. Air kolam depan mesjid juga tak luput dari pantauannya dan segera menyuruh sejumlah petugas melakukan pengurasan air dan pembersihan kolam.

Selanjutnya, ia meminta beberapa bagian di kawasan itu dilakukan pengecatan sehingga warnanya lebih bersih dan indah.(rel)

Loading

redaksi