21 Juli 2024

Arahbanua.com, Banjarbaru – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengajak masyarakat wajib pajak untuk taat memenuhi kewajibannya  membayar pajak dalam memberikan kontribusi membangun negara.

“Membayar pajak merupakan satu tanggung jawab bagi warga negara sehingga kami mengajak masyarakat memenuhi kewajibannya membayar pajak dan tepat waktu,” ujar wawali di Banjarbaru, Kamis.

Sebelumnya, pada Rabu (9/3) wawali membuka aksi panutan pelaporan SPT tahunan dan sosialisasi perpajakan PPS yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan.

Tujuan kegiataan mengingatkan pajak merupakan salah satu komponen penting pembiayaan pembangunan dan membayar pajak sebagai bentuk partisipasi aktif serta kontribusi wajib pajak sebagai warga negara.

“Melalui pembayaran pajak, berbagai pembangunan diwujudkan pemerintah dengan tujuan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga negara,” ucap Wartono.

Ditekankan, pihaknya bersyukur tahun 2021 pencapaian pembayaran pajak 104 persen dan e-Pelaporan mencapai 101 persen sehingga menjadi hasil yang luar biasa ditengah masyarakat terdampak COVID-19.

“Animo masyarakat membayar pajak maupun pelaporannya sangat tinggi sehingga dari sisi kesadaran bayar pajak sudah bagus. Namun, kami terus mengajak masyarakat bayar pajak tepat waktu,” ungkapnya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru Hery Sumartono mengatakan, kepatutan laporan SPT tahunan jumlah WP yang melaporkan 54.215 atau 101,57 persen dari target kepatuhan yang telah ditetapkan.

“Jumlah pajak yang melapor lebih dari 70 persen wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Banjarbaru menjadi angka pencapaian yang luar biasa dan kami berharap ketaatan wajib pajak terus meningkat,” kata dia.

Ditambahkan, pihaknya berterima kasih atas dukungan wali kota dan wakil wali kota serta pimpinan SKPD yang mendorong ASN di lingkungan kerja untuk menyampaikan SPT lebih awal dari yang seharusnya.(Ant)

redaksi