23 Oktober 2024

Arahabanua.com, Bali – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan jika dirinya siap secara lahir dan batin untuk maju mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden tahun 2024 nanti.

Ridwan Kamil memastikan dirinya akan bergabung dengan partai politik pada tahun ini. Menurutnya, parpol tempat ia berlabuh nanti harus merupakan parpol yang sangat konsisten memperjuangkan Pancasila.

“Tidak hanya sebatas AD/ART karena semuanya (parpol) juga begitu sehingga menjadi dasar saya untuk berlabuh nanti seperti apa,” ungkap Ridwan Kamil dilansir Suara.com, Selasa (18/1).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, sampai saat ini secara masif masih berkomunikasi dengan parpol. Ia berjanji akan menyampaikannya kepada masyarakat luas bahwa dirinya akan bergabung dengan parpol seperti apa.

Dia mengaku sampai hari ini komunikasi dengan semua partai tidak pernah berhenti.

“Nanti ada waktu yang tepat, mungkin saya akan menyampaikan. Hidup ini adalah pilihan. Jadi nanti saya akan sampaikan ke media,” tegasnya.

Ditanya soal mencalonkan diri menjadi RI 1 atau RI 2, Emil menegaskan bahwa hanya Tuhan yang bisa menentukan hal tersebut.

Dia mencontohkan, tugas manusia seperti perjuangan di ajang PON Papua, yakni kerja keras, bertanding, dan berkompetisi. Sementara, hasilnya itu semua sudah menjadi ketentuan Tuhan.

Ditanya tentang dukungan masyarakat, ia menuturkan setiap kunjungan ke berbagai daerah selalu ada antara doa dan pertanyaan tentang survei.

“Tadi pagi juga ada yang mendoakan dari kalangan wartawan Bali agar saya menjadi Presiden RI,” ungkapnya.

Menurutnya, kedua hal tersebut tidak bisa dihindari selama berkunjung ke berbagai daerah.

“Jadi selama gesturnya baik saya amin-kan dan tugas manusia adalah berusaha dan berikhtiar, masalah takdirnya ada atau tidak itu bukan wilayahnya manusia,” jelasnya.

Dia juga menegaskan selama ini dirinya selalu berupaya memberikan kesan positif kepada masyarakat melalui kinerjanya sebagai pemimpin di Jawa Barat.

“Makin kinerjanya bagus, maka makin disukai oleh masyarakat,” pungkasnya.

Loading

redaksi