25 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti menghadiri Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52, yang berlangsung di Rattan Inn Banjarmasin. Rabu (26/06).

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Bidang I TP PKK kota Banjarmasin, Rusdiati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin, Helfian Noor, Kepala Dinas Sosial, Dolly Syahbana, Sejumlah Kepala SKPD, Camat dan Lurah beserta perwakilan PKK sekota Banjarmasin.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, menyampaikan beberapa poin penting terkait upaya memperkuat kedudukan PKK diberbagai wilayah. Ia mengungkapkan bahwa perubahan struktur dan aturan baru yang menetapkan semua komponen wilayah, mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, hingga provinsi sebagai pembina PKK adalah langkah yang signifikan.

“Ini merupakan sejarah penting bagi PKK kita dan berbagai aturannya. Dengan perubahan struktur ini, kita memperkuat kedudukan PKK sebagai penunggang untuk menciptakan 10 program pokok PKK yang dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Kemudian, Arifin Noor menekankan bahwa harapan pemerintah pusat adalah agar program PKK dapat tersebar hingga ke tingkat terkecil, yaitu kelurahan dan kecamatan atau desa,”10 program PKK yang dijalankan bertujuan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat kita, dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045. Peran serta ibu-ibu PKK sangat penting dalam menciptakan keluarga yang sejahtera, damai, dan bahagia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wawali menyampaikan intervensi serentak pencegahan stunting dengan cara melakukan penggerakan sasaran (balita dan ibu hamil) untuk berkunjung ke posyandu.

“Untuk intervensi serentak ini, para kader PKK dapat membantu kader-kader posyandu dalam mempercepat mobilisasi/penggerak sasaran untuk mencegah stunting melalui kegiatan pengukuran dan penimbangan serentak semua posyandu aktif di Banjarmasin,” harap Arifin Noor.

Lalu, ia juga menyoroti pentingnya peran PKK dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial, dan keterampilan,”Kekuatan ekonomi kita sebenarnya terletak pada peran PKK. Oleh karena itu, diperlukan kekuatan dan dukungan dari semua pihak untuk memperkuat PKK,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial membagikan bantuan sembako kepada sejumlah lansia di kota Banjarmasin.

redaksi