21 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

 

 

Banjir adalah bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan meninggalkan dampak yang serius. Untuk mengurangi risiko dan menjaga keselamatan Anda serta keluarga saat menghadapi banjir,

berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Mengenal Area Rawan Banjir : Pelajari dan kenali daerah sekitar Anda yang rentan terhadap banjir. Ini akan membantu Anda untuk lebih siap menghadapi situasi darurat.
  2. Membuat Rencana Evakuasi : Buatlah rencana evakuasi keluarga. Tentukan titik-titik pertemuan yang aman dan rute evakuasi yang dapat diakses dengan mudah.
  3. Memiliki Perlengkapan Darurat : Persiapkan perlengkapan darurat seperti peralatan medis, makanan kering, air bersih, pakaian ganti, dan baterai cadangan. Simpan barang-barang ini di tempat yang mudah dijangkau dan aman dari banjir.
  4. Menjaga Komunikasi : Pastikan Anda memiliki alat komunikasi yang dapat diandalkan seperti radio bertenaga baterai atau ponsel yang terisi penuh. Hal ini penting untuk tetap terhubung dengan keluarga atau penyelamat dalam situasi darurat.
  5. Mengamankan Barang Berharga : mengangkut barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi atau aman dari udara. Hal ini akan membantu mencegah kerugian akibat kerusakan barang-barang penting Anda.
  6. Area Menjauhi Rendaman Air : Hindari berjalan atau berenang di dalam banjir air, karena udara yang tergenang bisa mengandung benda-benda tajam atau berbahaya.
  7. Tetap Tenang dan Waspada : Tetap tenang dan waspada jika terjadi banjir. Dengan tetap tenang, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan mengurangi risiko cedera.
  8. Ikuti Petunjuk dan Perintah Evakuasi : Jika ada perintah evakuasi dari pihak berwenang, segera ikuti petunjuk dan perintah tersebut. Jangan menunda-nunda untuk meninggalkan area yang terkena banjir.
  9. Menjaga Kesehatan : Setelah banjir surut, pastikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi rumah Anda dengan baik untuk mencegah penyakit dan infeksi yang disebabkan oleh banjir udara yang terkontaminasi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menjaga keselamatan diri dan keluarga serta meminimalkan risiko saat menghadapi bencana banjir. Tetap waspada dan bersiaplah dengan baik untuk menghadapi situasi darurat yang tidak terduga.

 

Disalin dari  BERITALINGKUNGAN.COM
Oleh M. Ridho Nurjannah F./ MRNF (AB)

redaksi