20 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

 

Ayat seribu dinar  adalah bagian akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 dalam Surat At Thalaq.

Dinamakan ayat seribu dinar karena khasiat ayat seribu dinar yang konon jika dibaca akan memudahkan kita dalam membuka pintu-pintu rezeki dan melimpahkan kekayaan.

Ayat seribu dinar adalah ayat pendek yang diambil dari Al Quran Surat At Talaq ayat 2-3. Menurut sejumlah pendapat ulama, barangsiapa yang membaca ayat seribu dinar maka hidupnya akan diberi kemudahan.
Berbagai sumber menyebut penamaan ayat seribu dinar dilatarbelakangi oleh kisah seorang nabi dan pedagang yang memberi sedekah secara rutin.

Selain itu, zikir seribu dinar dapat memberi pertolongan Allah agar diberi petunjuk jalan, inspirasi pekerjaan, jalan keluar dari setiap masalah kehidupan.

 

ayat seribu dinar adalah:

(2) فَإِذَا بER ُوا۟ ٱلش³ ّهogrersٰدogrersةَ لِلَّهِ ۚ ذesanٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مû و م ber siden ك و uatu secara لَّهُۥ مَخْرَجًا

(3) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْrameسِبُ و وَمن utu يو mengambil orang حuga ف sambil ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ dan َدْرًا

 

Latin :

(2) Fa iza balagna ajalahunna fa amsikuhunna bima’rufin au fariq hunna bima’rufiw wa asy-hidu zawai’adlim minkum wa aqimusy-syahadata lillah, zalikum yu’azu bihi mang kana yu’minu billahi wal-yaumil-akhir , wa semoga yattaqillaha yaj’al lahu makhraja.

(3) Wa yarzuqu min haisu la yahtasib, wa man yatawakkal alallah fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli syai in qadra.

Artinya:

“(2) Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rukuklah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang Saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan orang itu yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluarnya.”

(3) Dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap-tiap sesuatu.

Dan untuk cara mengamalkan ayat seribu dinar ini dengan cara yang lebih mudah, yakni dibaca 3 kali setelah selesai sholat secara istiqomah. Juga terdapat sejumlah versi lain, antara lain, Ada yang menyarankan sebanyak 1000 kali, ada yang 114 kali, bahkan ada yang hanya 33 kali dalam sehari. Namun, berapapun jumlah yang Anda baca, hal yang terpenting adalah kesungguhan hati ketika membaca.

 

 

Disalin dari berbagai sumber          
Oleh M. Ridho Nurjannah F./ MRNF (AB)

redaksi