21 Juli 2024

ARAHBANUA.com   

Oleh: Harto Malik

 

Sebentar lagi Haul Abah Guru Sekumpul dilaksanakan, kisah (cerita) guru sekumpul makin santer didengar khususnya dikalangan pecinta Ulama di daerah Martapura, Kalimantan Selatan bahkan Indonesia Umumnya.

Guru sekumpul Ulama besar di Kalimantan Selatan, keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, kebesaran nama Guru sekumpul tidak asing lagi ditelinga para pecinta (muhibbin) Ulama dan muhibbin guru sekumpul, hampir disetiap warung , toko dan rumah di Martapura bahkan di Kalimantan Selatan terpajang foto Abah Guru Sekumpul.

Di media Sosial mulai bertebaran, ada yg sudah menyebarkan tanggal acara, padahal pihak keluarga atau panitia belum menentukan tanggal acara.

Kebesaran nama Abah Guru Sekumpul ini menjadi kebanggan tersendiri bagi para Muhibbin Abah Guru Sekumpul.

Kami orang Banjar sangat bangga karena ulama-ulama Banjar tersebar di Nusantara bahkan sampai ke negara tetangga.

Negara tetangga mengenal banyak ulama-ulama dari Banjar.

“Di Universitas Islam Internasional Antar Bangsa Malaysia Kuala Lumpur,
terdapat sebuah perpustakaan yang megah dengan 5 Lantai, yang ruangannya ke bawah tanah, disana Banyak koleksi kitab- Kitab dan Manaqib ulama-ulama seluruh dunia dan ulama Nusantara dari seluruh Indonesia. Tidak terkecuali ada juga dari Ulama Banjar (Al banjary).
dan yang bikin aku kagum disana ada juga manaqibnya abah guru Sekumpul, berbahasa inggris.Sungguh mereka begitu menghargai Kepada ulama-ulama seluruh Dunia.
Sejarah dan Karya mereka ditulis, di pajang diruangan khusus.” Cerita Bang Jali Boss (muhibin abah guru Sekumpul) dari Banjarmasin.

Semoga di Martapura juga dibuat perpustakaan besar berisi kitab, kisah (manakib) ulama Seluruh Dunia.

 

 

 

 

 

 

redaksi