25 Juli 2024

ARAHBANUA.com  

Jakarta  |

Anggota Komisi XI DPR RI Dr. Ir. H. A. Junaidi Auly, M.M. menyampaikan apa yang diungkapkan Anies Baswedan dalam pengembangan koperasi begitu relevan, koperasi harus menjadi salah satu motor penggerak kesejahteraan rakyat.

“Hal ini sesuai dengan program kerja pasangan AMIN, koperasi harus diperankan dalam rangka peningkatan kesejahteraan” kata politisi PKS ini di Jakarta (30/11/2023).

Alumni doktoral IPDN ini menambahkan Koperasi diharapkan bukan saja menjadi penggerak pertumbuhan, namun juga pemerataan ekonomi.

 

“PR (Pekerjaan Rumah) ini penting untuk segera diselesaikan, karena bagaimana mungkin pemerataan ekonomi bisa tumbuh dan merata tanpa peranan Koperasi”, ujar Junaidi.

Ia mengungkapkan upaya pengembangan koperasi sudah tercantum dalam visi, misi dan program kerja AMIN seperti (1) merevitalisasi BUMDes yang layak untuk dijadikan Koperasi, (2) merevitalisasi koperasi-koperasi pondok pesantren, dan (3) membentuk badan-badan usaha milik rakyat, termasuk BUM-Petani, dan BUM-Nelayan.

“Dalam Visi dan Misi Anies-Muhaimin sudah jelas dipaparkan terkait dengan
praogram peningkatan ekonomu masyarakat, termasuk didalamnya BUM-Petani dan BUM-Nelayan”, kata Junaidi.

Ia menambahkan pada sisi lain pengembangan koperasi dalam perspektif AMIN tentu memperhatikan penguatan kelembagaannya, peraturannya, dan pengawasannya sehingga menghindarkan koperasi dijadikan kendaraan bagi kejahatan keuangan, termasuk investasi bodong dan pencucian uang (*)

 

 

 

 

redaksi