12 Juli 2024

ARAHBANUA.com

 

Bekasi  |

Ada konsep berkebun baru yang mudah dan murah. Yang dikembangkan oleh Easy Farm. Dengan menggunakan teknologi yang juga baru ditemukan. Yakni Serum Hayati Organik.
Dengan teknologi baru ini petani bisa menanam strowbery di Bekasi yang berhawa panas. Bisa berkebun di atas aspal, dan yang fantastis, bisa beternak ayam kampung yang bisa panen (dipotong) usia 3-4 bulan. Luar biasa!
Kebun itu terletak di Komplek Perumahan Bumi Dirgantara Permai (BDP) Jatiasih, Kota Bekasi. Tepatnya di Jalan Surya Darma, Blok CE no. 8, RW 11.
Lokasinya cukup nyaman dan fresh yang ditata secara apik. Memadukan konsep bertani, berkebun dan berwisata. Berada di pinggir jalan utama, yang sebagian lahannya masuk ke dalam perkampungan warga. Luasnya 3000 meter persegi.
Di Easy Farm, saat ini, sudah terdapat kolom lele berbentuk lingkaran dengan diameter 2 meter, yang dinamai kolom bioflok. Jumlahnya 70 kolom. Ada kebun hodroponik strowbery, bermacam jenis sayuran, mentimun dan bunga.
Juga ada kandang ayam yang tidak bau, kolam (empang) pemancingan ikan lele.
“Serum Hayati Organik ini kami kembangkan sejak tiga tahun terakhir. Dan hasilnysa sangat memuaskan. Baik dari segi produktivitas maupun kualitasnya,” tutur Owner Easy Farm, Herdiyanto, di lokasi perkebunan, Selasa 7/11.
Untuk sementara, lanjut Herdiyanto, Serum Hayati Organik temuannya belum dipasarkan kepada umum. Hanya untuk kalangan terbatas atau komunitas petani.
“Bagi yang berminat silakan datang lansgung ke Easy Farm. Kami akan mengedukasi dan memberi keterampilan cara bertani yang mudah dengan konsep Edu-Wisata-Agri dengan teknologi EASY FARM. Yang dikelola secara terpadu, zero waste dan terintegrasi sehingga menghasilkan WOOW EXPERIENCE,” tambah Herdiyanto.
Di Easy Farm juga tersedia fasilitas ‘konkow-konkow’ .
Ngopi sambil diskusi dan healing. Kulinernya juga cukup menarik, dengan ikon khusus ‘Lele Mangut’

“Jadi di Easy Farm kami juga menyediakan sarana untuk healing di tengah kebun yang tertata apik,” tambah Herdiyanto.

Lebih jauh Herdiyanto mengatakan, Easy Farm membuka kesempatan kepada masyarakat ataupun kelompok tani dan penduduk kota untuk bekerjasama.
Kerjasama itu bisa dalam bentuk investasi, membuka lahan kebun atau kolom lele di lokasi lain. Juga kerjasama dalam bentuk pelatihan.
“Nanti kami akan melakukan pelatihan secara regular di lokasi ini. Kelompok-kelompok tani atau komunitas tertentu yang ingin mempelajari lebih detail cara bertani yang mudah dan murah itu bisa datang ke sini. Saya yakin konsep Easy Farm ini adalah salah jawaban ketahanan pangan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Karena dengan konsep ini hasilnya sangat bagus dan biayanya murah,” yakin Herdiyanto.
Herdiyanto yakin kalau konsep Easy Farm yang dikembangkannya dijalankan maka masalah pangan nasional akan bisa teratasi.

“Tidak perlu buka lahan ratusan hektar dengan menggunduli hutan dan merusak lingkungan. Cukup dengan konsep Easy Farm ketahan dan kemandirian pangan bangsa Indonesia akan terwujud,” yakinnya.
Maka, Herdiyanto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami konsep Easy Farm ini dengan baik. Pihaknya siap memberi pelatihan dan edukasi.

Easy Farm akan dilauching Minggu 12 November mendatang. Masyarakat yang ingin ikut dipersilakan datang ke lokasi.

 

 

 

 

redaksi