11 Juli 2024

ARAHBANUA.COM

 

Banda Aceh

Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh kirim mahasiswa magang di MTsN 2 Aceh Besar dan Al Fityan School Aceh, Senin (30/10/23). Kegiatan tersebut untuk memperluas wawasan serta meningkatkan keterampilan praktis dalam bidang bimbingan dan konseling yang berbasis pada nilai-nilai Islam.
Ketua Prodi BKI, Jarnawi S.Ag, M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi bersama MTsN 2 Aceh Besar dan Al Fityan School Aceh dalam rangka memberikan pengalaman praktis layanan konseling di sekolah. Jumlah mahasiswa yang melakukan praktik magang sebanyak 6 orang mahasiswi di MTsN 2 dan 5 Mahasiswi di Al Fityan.

Jarnawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberi kesempatan bagi mahasiswa BKI untuk belajar mengaplikasikan layanan Konseling Islam di sekolah.
“Hal ini sangat penting mengingat banyak alumni BKI saat ini telah berkarier sebagai konselor sekolah dan madrasah sambut Pak Jarnawi,” ujar Jarnawi didampingi Supervisor Magang, Rofiqa Duri, M.Pd.Sebelumnya kata Jarnawi, Prodi BKI telah melaksanakan sejumlah praktik di RSUD Zainal Abidin, Rumah Sakit Meuraxa, Panti Asuhan, Panti Jompo, Rumah Sakit Jiwa, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Lambaro dan Lapas kelas III Lhoknga.

 

 

“Namun praktik belum pernah masuk dalam seting sekolah dan ini merupakan kali pertama anak kami magang di sekolah, Mereka ini ibarat pedang, sudah terbentuk, tapi belum terasah dengan tajam. Jadi dengan adanya magang dan bimbingan dari bapak ibu pamong di sekolah diharapkan keterampilan konseling mahasiswa semakin tajam dan teruji dengan berbagai pengalaman. Seratus teori akan dikalahkan oleh satu pengalaman,” ujar Jarnawi.
Sementara itu, Koordinator Bimbingan Konseling MTsN 2 Aceh Besar, Ridwan menyatakan apresiasi dan berterima kasih atas kesediaan mahasiswa Prodi BKI magang di sekolah tersebut. Ia mengatakan, sejumlah tenaga pengajar di MTsN 2 Aceh Besar merupakan alumnus BK Tarbiyah UIN Ar-Raniry, Prodi BK Universitas Syiah Kuala maupun dari Fakultas Psikologi Universitas Syiah Kuala.
Mahasiswi magang ini akan melakukan praktik di MTsN 2 Aceh Besar selama tiga pekan, di mana mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan keterampilan mereka. Dengan memberikan layanan-layanan kepada siswa-siswi disana. Selama periode ini, mereka akan bekerja bersama dengan guru Bimbingan dan Konseling di sekolah ini untuk mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di kampus dalam situasi nyata.

Diharapkan bahwa mahasiswa magang ini akan mendapatkan pengalaman berharga dan berkonstribusi positif di sekolah melalui pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan selama program magang ini dan menjadi langkah awal bagi mahasiswa prodi BKI meniti karir di ranah sekolah.

 

 

redaksi