24 Juli 2024

Helat Little Explorer 2023, Gerakan Muliakan Yatim Nusantara ala Dompet Dhuafa Volunteer

Editor: Dyan Hasri
arahbanua.com, BOGOR, JAWA BARAT-

Dompet Dhuafa melalui DDV (Dompet Dhuafa Volunteer) menghelat gerakan Muliakan Yatim Nusantara pada Muharram 1445 H di seluruh Indonesia. Kali ini gerakan tersebut digelar dan dibuka dalam momentum kegiatan bertajuk “Little Explorer: Jelajah Budaya Nusantara” bersama 200 anak yatim di Jungleland Adventure Theme Park Bogor, Sabtu (12/8/2023).

Koordinator DDV Nasional sekaligus Ketua Gerakan Muliakan Yatim Nusantara, Fajar Firmansyah, menyebutkan, gerakan ini paralel dilakukan oleh relawan DDV se-Indonesia, yang melibatkan ribuan anak yatim sebagai Penerima Manfaatnya.

“Keseluruhan Penerima Manfaat Little Explorer 2023 saat ini sudah sejumlah 1.035 anak yatim dari target 2.000 orang seluruh Indonesia. Little Explorer ini bagian dari ragam gerakan Muliakan Yatim Nusantara yang kali ini bertema Jelajah Budaya Nusantara, dengan maksud agar anak-anak tetap mengingat budaya dan permainan tradisional Indonesia,” sebut Fajar.

“Mengawali Little Explorer 2023 di Jungleland Adventure Theme Park Bogor, ada 200 anak yatim yang terlibat. Tentu kegiatan ini juga menjadi momentum adik-adik Penerima Manfaat beserta para Relawan, Donatur, Amil Dompet Dhuafa, bertemu dalam satu kegiatan yang seru,” jelasnya.

DDV yakin, ragam aktivitas ini mampu membuka wawasan, memberikan pengalaman baru, juga meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, berkegiatan di Jungleland Bogor akan menjadi reward yang dapat menambah semangat dan bahagia adik-adik Penerima Manfaat.

“Ini (mengajak anak yatim ke Jungleland Bogor) merupakan reward untuk mereka menambah semangat. Lalu menumbuh kembangkan kreativitas anak-anak, serta memperkenalkan budaya Indonesia melalui permainan tradisional dan lagu-lagu daerah,” tambah Fajar.

Membuka kegiatan Little Explorer 2023 di Jungleland Bogor, GM Komunikasi & Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit, dalam sambutannya pagi itu menceritakan sebuah cerita rakyat tentang kisah ‘Timun Mas’ yang menghadapi berbagai tantangan.

“Yakinlah kita bisa maksimalkan bakat dan segala potensi kita. Meski sebagai anak-anak, kita tumbuh tanpa dampingan orang dewasa, layaknya kisah ‘Timun Mas’ yang menghadapi berbagai tantangan. Ragam aktivitas hari ini pun begitu, bermain sambil melengkapi tantangan kebaikan. Selamat bersenang-senang,” sebutnya.

Dalam gerakan Muliakan Yatim Nusantara, Dompet Dhuafa juga mendistribusikan Kado Yatim Nusantara sebanyak 745 paket hadiah sesuai permintaan anak, Beasiswa Pendidikan Saku Sabang Merauke sebanyak 100 anak. Tak hanya itu, dalam kegiatan Little Explorer di Jungleland Bogor.

Friska (9), salah satu peserta Little Explorer 2023 asal Depok itu mengungkapkan, “Hari ini seru banget naik Bump Car, Ontang-Anting, dan lainnya, pokoknya senang banget”.

Senada dengan itu, Ayub (13), salah satu peserta Little Explorer 2023 asal Aceh, mengatakan, “Kegiatan hari ini bisa mengurangi rasa rindu bertemu keluarga setelah dua tahun terakhir tidak mudik ke Aceh. Terima kasih kakak-kakak relawan DDV”.

redaksi