12 Juli 2024

)
BANJARMASIN – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan studi banding kepada SMSI Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (27/1/2023) di Banjarmasin.

Dipunggawai Ketua SMSI Kalteng, H Sutransyah, rombongan SMSI Kalteng disambut langsung Ketua SMSI Kalsel, Anang Fadhilah dan para pengurus SMSI Kalsel di sekretariat SMSI Provinsi Kalsel, Jalan Pramuka, Komplek Kenanga.

Ketua SMSI Kalteng, H Sutransyah usai pertemuan menyebutkan, kedatangan pihaknya ke SMSI Kalsel selain sebagai bentuk menjalin silaturahmi, juga ingin menggali sebanyaknya ilmu dan informasi terkait dengan perkembangan media online yang berkembang di Kalimantan Selatan. Selain itu, pihaknya juga ingin berdiskusi terkait program yang dapat dilakukan bersama.

“Dari kehadiran kita di sini, akhirnya membuahkan kesepakatan bersama SMSI Kalsel, yakni menggagas sebuah program nantinya Uji Kompetensi Wartawan dilaksanakan secara bersama,” ungkap Mantan Ketua PWI Provinsi Kalteng ini.

Tak hanya itu, kedatangan SMSI Kalteng kepada SMSI Kalsel juga membuahkan beberapa gagasan lainnya, yaitu membentuk adanya Koordinator Wilayah (Korwil) SMSI se-Kalimantan yang diinisiatori SMSI Kalteng.

“Nantinya kami akan kembali berdiskusi dengan rekan-rekan SMSI provinsi lain, Kalbar, Kaltim, Kaltara dan Kalsel. Seperti apa nanti format yang disetujui. Apakah itu kaukus, Korwil atau dan lain-lainnya,” terang H Sutransyah.

Pembentukan ini, dikatakan H Sutransyah, dimaksudkan agar SMSI se-Kalimantan memiliki kerjasama yang baik dalam membesarkan organisasi SMSI. Apalagi menurutnya, saat ini SMSI sudah diakui dewan pers.

“Kita harapkan nantinya Korwil ini mampu menjadikan SMSI yang mewadahi perusahaan pers menjadi sehat dan semakin profesional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Kalsel, Anang Fadhilah menyambut baik gagasan tersebut.

“Ini lompatan strategis dari SMSI Kalteng. Dengan harapan bahwasanya SMSI menjadi barometer, apalagi Ibu Kota Negara (IKN) ada di Kalimantan Timur. Kita berharap dengan adanya Korwil se Pulau Kalimantan ini harapannya media online yang ada di bawah naungan SMSI menjadi profesional dan besar,” ungkapnya.

Anang Fadhilah memaknai, kunjungan SMSI Kalteng ini adalah upaya cerdas dalam rangka menciptakan perusahaan pers yang profesional.

“Nantinya segera kita koordinasikan dengan SMSI provinsi lain. Kita akan berkirim surat. Dan kita juga akan membalas kunjungan dari SMSI Kalteng dengan datang berkunjung ke Kalteng,” ucap Ketua SMSI Kalsel, Anang Fadhilah.

Turut hadir pada pertemuan ini Dewan Penasehat dan Pembina SMSI Provinsi Kalsel, Drs H Gerilyansyah Basrindu dan Drs Munawar Khalil yang turut menyambut kedatangan kunjungan pengurus SMSI Kalteng.

Pertemuan inipun dihibur dengan penampilan apik pemadihin Banjarmasin, Husni, yang membawakan madihin dalam membuka kegiatan studi banding SMSI Kalteng ke SMSI Kalsel.(rel)

redaksi