25 Juli 2024

Banjarmasin: Rapat Paripurnaq Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 Tahun yang biasanya setiap tahun diadakan di gedung DPRD Kota Banjarmasin Jalan Lambung Mangkurat No. 2 Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, sekarang hari Senin tanggal 26 September, rapat paripurna dilaksanakan di Hotel Rattan in, kilometer 5,7 Banjarmasin.
Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Banjarmasin, H. Harry Wijaya , SH. MH.
Rapat ke 77 sidang ke III dengan agenda Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496. Rapat Paripurna dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Berserta istri, unsur Forkopimda, Wakil Ketua dan anggota DPRD, kepala SKPD , Camat dan Lurah se-kota Banjarmasin. Dalam kesempatan tersebut turut hadir mantan Wakil Wali Kota H. Hermansyah dan mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin H. Iwan Rusmali.
Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496  tersebut dibacakan sejarah asal mula Kota Banjarmasin menggunakan bahasa banjar, yang didaulat membacakan adalah Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno , SE.
Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina menyampaikan sambutan selaku kepala daerah, beliau menyampaikan kenapa hari jadi Kota Banjarmasin tahun ini beda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu di tanggal 24 September dalam perayaannya dan rapat paripurna sehari sebelumnya , maka untuk tahun ini mundur pelaksanaannya, di karenakan Kota Banjarmasin ditunjuk menjadi tuan rumah Apeksi wilayah V Regional Kalimantan.
Wali Kota H. Ibnu Sina dalam sambutannya berharap hari jadi ini menjadi momentum bagi warga Kota Banjarmasin pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, juga menyampaikan program bangga buatan indonesia, yang senada dengan pelaksanaan Banjarmasin Festival Sasirangan (BSF) yang tahun ini memasuki tahun ke 6 pelaksanaannya.
Wali Kota juga menyampaikan harapannya dengan Kota Banjarmasin sesuai dengan tema Hari Jadi yaitu ” Baiman Bauntung Batuah”, Baiman orangnya, Barasih wan nyaman kotanya, Bauntung usahanya pulih dari pandemi, Batuah penuh berkah mengambil nasehat dari alim ulama dan para tetuha – tetuha kita, ujarnya.
Ketua DPRD dalam menutup Rapat Paripurna Hari Jadi , mengucapkan terimakasih kepada media cetak dan media elektronik yang telah mensosialisasikan peran dan fungsi DPRD kepada masyarakat luas serta melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kinerja dewan.(*)

redaksi