25 Juli 2024


Banjarmasin : Dari ajang Lomba Menyanyi Lagu-lagu Banjar Karya Fatimah Adam yang memperebutkan Trophy Adam Big Family, Uang Pembinaan dan Piagam Penghargaan.

Pemenang diberikan kesempatan rekaman lagu ciptaan Fatimah Adam. Inilah para Juata tersebut.

Untuk Kategori Laki-laki
Juara 1. M. Miftahul Ma’arif.
Juara 2 Huja (Trio)
Juara 3 Ahmad Sabryan Winata

Kategori Perempuan
Juara 1. Riyadah Yutika
Juara 2. Syarifah Adilla H. B
Juara 3. Tazkia Mufidah.

“Semoga kedepan ada yang peduli dan bekerja sama dalam membina generasi muda cinta seni budaya, dan dianggarkan di DPA SKPD terkait dan kegiatannya diserahkan kepada yang ahlinya untuk mengerjakannya. Begitu juga semoga ada pribadi atau fihak lainnya yang punya kemampuan mau berbagi rezeki untuk bersama Bunda( melaksanakan acara- acara yang manfaatnya sangat besar dirasakan oleh lingkungan{> terutama generasi muda.

Dra Hj Fatimah Adam Mpd yang menggelar acara ini kepada RRI mengatakan, peserta jumlah 60 orang. Pada saat penyisihan, masuk final kategori perempuan ada 5, yaitu:
Juara 1. Riyadah Yutika lagu Bulan Ramadhan; Juara 2 Syarifah Adilla HB., lagu Kita Badingsanak; Juara 3 Tazkia Mufidah, lagu Rantau Tapin Negeri Datu- Datu :!6
4. Safitri Lagu Doa Kuitan; 5. Latifah Lagu Papadah Orang Bahari.

Sedangkan kategori Laki- Laki langsung tanpa final, yaitu : Juara 1. M. Miftahul Ma’arif Lagu Mahadang Ading; Juara 2. O Huja (Trio) lagu Mahadang Ading; dan Juara 3. Ahmad Sabryan Winata, Lagu Susur Sungai.

“Alhamdulillah semua lagu yang dilombakan sebanyak 11 lagu, semua dinyanyikan peserta, bahagia lagu- lagu yang diciptakan disukai para peserta,” ungkap Fatimah.

Rezeki dari Allah, peserta senang dan bahagia karena lomba pendaftaran gratis , dapat makan siang dan snack semua peserta dan suporter , dan kata peserta yang sangat memotivasi adalah trophy nya besar , hadiah dana pembinaan lumayan besar dibanding acara lomba lainnya, dan semua disediakan secara pribadi bunda , yang membuat acara ini lebih istimewa dimata para peserta dan keluarga, semua karena Allah yang memberi melalui bunda.

Bersyukur diberikan kesempatan oleh Allah SWT menciptakan lagu bukan hanya berbahasa Banjar, tetapi juga berbahasa Indonesia. Namun muatannya muatan moril.

“Jadi kita menghendaki dengan Bunda yang sudah tua saja 58 tahun, Purna Tugas, ingin selalu berbagi kebaikan, berbagi manfaat hidup. Bunda dengan cara ini memotivasi anak muda. Karena Bunda banyak sekali binaan anak muda. Mudah-mudahan dengan cara ini, kawan-kawan Seniman juga termotivasi,” ungkap Bunda.

Diakui Fatimah, segala sesuatu memerlukan modal, tapi kalau yakin, Allah SWT akan memberikan Jalannya.

“Seperti acara malam ini, kita satu keluarga, bahkan kawan-kawan bersama. Jadi mandiri kegiatan ini. Itu karena rasa sayang kita semua. Kita menghendaki anak-anak muda yang sudah berani mengalihkan sponsor, piala dan sebagainya, karena mereka belajar dari Seniornya. Bahwa berbagi itu indah. Itu contoh yang ingin saya terapkan di kegiatan ini,” Fatimah menambahkan.

Saat ini untuk Lagu Banjar yang berhasil diciptakan sebanyak 11 lagu. Sedangkan lagu religi ada 7 lagu, dan untuk lagu Pop ada 3 yang sudah dibuat. Sementara kata Fatimah, lagu yang sedang digarap saat ini adalah lagu Pop dan lagu Dangdut.

“Bunda mencoba seluruh lagu. Karena suka menulis. Jadi awalnya suka menulis puisi. Membantu Kak Dino (Dino Sirajudin). Musiknya dibantu Bang Udin. Jadilah syair-syair Bunda menjadi sebuah lagu,” Fatimah menjelaskan.

Lomba lagu karya cipta Bunda Fatimah dan Kak Dino, disebutkan membludak karena 50 lebih peserta yang mengikutinya, yang dimulai sejak pagi Sabtu (24/9/2022) sampai selesai.

Tekad Bunda Fatimah, walaupun sakit dan berada di tempat tidur, jika otak terus berjalan, maka akan terus berbagi. Karena semuanya mensupport dengan dukungan yang penuh, baik dari para saudara dalam keluarga besarnya, suami dan termasuk Para Jurnalis di berbagai media.***juns

redaksi