24 Juli 2024

BANJARMASIN-
Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Awan Subarkah meminta PTAM Bandarmasih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kenaikan tarif air bersih ini harus sejalan dengan perbaikan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya setelah rapat dengan jajaran PTAM Bandarmasih di ruang Komisi II DPRD Banjarmasin, Senin (12/9/2022).

Awan menekankan PTAM juga harus respon cepat terhadap keluhan pelanggan disamping permasalahan air keruh juga dapat diatasi dengan memperhatikan kualitas air bersih yang mengalir ke masyarakat.

“Intinya jangn sampai pelanggan merasa dirugikan, kenaikan harus diimbangi dengan pelayanan yang meningkat,” paparnya.

Dirinya juga meminta agar sosialisasi kepada pelanggan terus dilakukan agar informasi dan komunikasi PTAM tersebut dapat diterima baik di masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Dirut PTAM Bandarmasih, Ir Yudha Achmady mengatakan peningkatan pelayanan terhadap pelanggan ini akan terus diupayakan.

Kendati demikian kata Yudha hal tersebut tidak bisa serta merta dalam waktu dekat dilakukan terlebih untuk pipanisasi di daerah Kelurahan Sungai Andai.

Selain itu juga rencana pemasangan pipa dari A Yani hingga kawasan Sutoyo S. Dimana hal itu dilakukan untuk meningkatkan debit ait dan pendistribusian yang lancar ke wilayah Banjarmasin Barat.

Lebih jauh Yudha menerangkan terkait kenaikan tarif air bersih ini pihaknya sudah menggelar konsultasi publik yang hasil di dalamnya menyetujui kenaikan tarif air dengan catatan pelayanan harus meningkat.

Adapun kata dia untuk sosialisasi kenaikan tarif ini baru dilakukan di 8 kelurahan dan akan dilaksanakan secara paralel atau menyeluruh.

Yudha menerangkan banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan tarif air ini seperti
biaya produksi yang dikeluarkan PTAM nyatanya lebih tinggi dari harga jual mereka. (Al)

redaksi