20 Juli 2024

Arahbanua.com, Banjarmasin – Guna menguatkan kebudayaan Banjar di masyarakat. Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Banjarmasin Village Festival 2022, Jumat (24/6) bertempat di kawasan wisata religi Kubah Habib Basirih.

Berbagai lomba diadakan seperti lomba menghias ayunan, atraksi 1000 wadai cincin, atraksi sinimon hadrah dan bausung, musik panting shalawat dan tausyiah cinta rasul.

Tujuan pelaksanaan ini untuk menjadi sarana bagi kelompok sadar wisata untuk mempromosikan kampung wisata berbasis masyarakat dengan daya tarik yang dimiliki, agar masyarakat dapat menunjukkan produk unggulan mereka.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakilnya H Ariffin Noor mengatakan, festival yang kedua ini dilaksanakan tentunya untuk penguatan destinasi pariwisata, khususnya Kubah Basirih.

“Makanya kita laksanakan disini. Mudah-mudahan ini memperkuat warisan budaya di Kubah Basirih,” katanya.

Ibnu Sina bersama jajaran juga sempat berkeliling ke stand UMKM untuk melihat produk unggulan yang dijual, serta menyaksikan langsung tradisi budaya khas Kalsel yakni Baayun Maulid.

 “Tadi kita lihat, lomba menghias ayunan di Baayun Maulid. Mereka semua punya kreasi yang berbeda, tapi tetap mengikuti pakemnya seperti ada unsur rukun Iman dan rukun Islam,” ujar orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi menuturkan, kegiatan yang digelar di komplek Kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasyim digelar mulai tanggal 24 sampai 26 Juni 2022.

“Tahun 2020 itu kan pertama. Tapi karena Covid-19 terhenti. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali setelah sesuai hasil rapat tim, dan ditempat wisata mana nanti pelaksanaannya,” pungkasnya.(AR/FRM)

redaksi