24 Juli 2024

Arahbanua.com, Banjarmasin – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, H. Muhammad Lutfi Saifuddin meminta pemerintah provinsi segera membentuk Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Krisis Center untuk menanggulangi penyakit menular.

Apalagi saat ini, dikatakan Lutfi, kembali mencuat adanya virus cacar monyet dan hepatitis akut yang sudah menyebar di sebagian negara di dunia.

Untuk itu, politisi Gerindra ini tidak mau dengan sudah meredanya pandemi Virus Covid-19 di banua, lalu kemudian kembali muncul penyakit menular yang menghantui masyarakat Kalsel.

“Makanya, ini juga sebagai momentum untuk percepatan pembentukan UPTD krisis center yang mana ini sudah disetujui oleh DPRD Kalsel dan Kemendagri untuk membentuk UPTD  khusus untuk menangani penyakit menular. Jadi tidak lagi membentuk satuan gugus tugas seperti covid 19,” terang Lutfi, Rabu (25/5) ditemui di Gedung DPRD Kalsel.

Meskipun di Indonesia laporan tentang virus cacar monyet ini tidak ada, tapi pemerintah provinsi tetap diminta siaga agar virus tersebut tidak masuk.

“Hal tersebut memang salah satu SPM Kementrian Kesehatan. Walau pun dua penyakit ini tidak menunjukkan penyebaran secepat covid-19, tetapi tidak membuat kami lengah terhadap dua virus ini, makanya pemerintah provinsi mesti melakukan percepatan pembentukan UPTD Krisis center,” jelasnya.(AR/FRM)

redaksi