24 Juli 2024

arahbanua.com, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan ditunjuk sebagai penyelenggaraan Dialog Wawasan Kebangsaan Lemhanas RI pada 10-13 Mei 2022 di Banjarmasin.

Hal itu sampaikan dalam rapat koordinasi awal Direktur Sosialisasi dan Media Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Kedeputian Taplai Lemhannas RI, Laksma TNI Ir Christianto Purnawan, di Ruang Aberani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (12/4).

“Dialog Wawasan Kebangsaan nanti harus bisa kita laksanakan sebaik-baiknya sebagai wujud nyata kecintaan dan komitmen Kalimantan Selatan yang setia terhadap Pancasila dan NKRI,” ujar Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Sulkan usai mengikuti rapat.

Christianto mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan arahan dari pemprov tentang hal-hal teknis dan siapa saja yang menjadi narasumber.

“Harapan kami pesertanya seperti birokrat, organisasi kemasyarakatan, organisasi kemahasiswaan, dan kalangan pemuda, karena kita sadar sekarang ini era disrupsi yang merupakan dampak dari transformasi digital,” terangnya.

Christianto menekankan, Dialog Wawasan Kebangsaan bertujuan menyosialisasikan implementasi nilai-nilai kebangsaan dan bernegara. “Kami tidak bicara Pendidikan Kewarganegaraan, yang kami sosialisasikan adalah implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kita bicara tentang kerja sama, gotong royong, dan toleransi,” ujarnya.

Kegiatan ujarnya, rutin diselenggarakan setiap tahun demi merawat kerukunan masyarakat di tengah kemajemukan dan era disrupsi. Selain Banjarmasin, Dialog Wawasan Kebangsaan tahun ini rencananya juga digelar di Balikpapan dan Pontianak. (ril)

redaksi